Selasa, 23 September 2014

10 Sungai Terdalam di Seluruh Dunia



Apakah anda suka berpetualang ke alam liar dan menikmati pemandangan alam yang menakjubkan? Selain menjadi rumah bagi beragam makhluk hidup, sungai juga menjadi lahan untuk mengais rejeki bagi para nelayan yang tinggal di sekitarnya.

Jiangyin Yangtze River bridge-2
By Yawn823 at en.wikipedia. Later version(s) were uploaded by Masterdudeyo at en.wikipedia. (Transferred from en.wikipedia) [Public domain], from Wikimedia Commons
Berikut ini kami himpun sepuluh sungai paling terdalam di dunia. Penasaran? Mari kita simak ulasan berikut ini!

1. Sungai Mississippi, 62 meter
Sungai Mississippi ialah sungai di Amerika Serikat. Merupakan salah satu sungai terpanjang di dunia dan merupakan sungai terpanjang ke dua di Amerika Serikat. Sungai Mississippi memiliki kedalaman mencapai 62 meter dan menjadi sungai utama dari sistem drainase terbesar di Amerika Utara. Sungai Mississippi merupakan sungai terpanjang keempat dan kesepuluh terbesar di dunia. 

2. Sungai Saint Lawrence, 65 meter
Sungai Saint Lawrence merupakan sebuah sungai utama di Amerika Utara. Letaknya di Amerika Serikat dan Kanada. Panjang sungai ini kira-kira mencapai 1.200 km dan memiliki kedalaman 250 meter. Sungai Saint Lawrence melintasi Quebec dan Ontario di Kanada, dan merupakan bagian dari batas internasional antara Ontario, Kanada, dan New York di Amerika Serikat. Sungai yang memiliki kedalaman hingga 65 meter ini mengalir sepanjang 1.197 kilometer.

3. Sungai Hudson, 66 meter
Sungai Hudson adalah sebuah sungai sepanjang 315-mil yang mengalir dari utara ke selatan melintasi wilayah timur New York. Sungai Hudson memiliki kedalaman mencapai 66 meter. Sungai dimulai di Danau Henderson di Newcomb, New York, kemudian mengalir ke selatan melewati ibukota negara di Albany, dan lalu akhirnya membentuk batas antara New York City dan negara bagian Amerika, New Jersey. Nama sungai ini diambil dari nama Henry Hudson, yang menjelajahinya pada tahun 1609.

4. Sungai Kuning, 80 meter
Sungai Kuning juga dikenal dengan sebutan Huang He. Sungai ini merupakan sungai terpanjang kedua di Asia, setelah Yangtze. Sungai terpanjang keenam di dunia ini diperkirakan memiliki panjang hingga 5.464 kilometer dan kedalaman mencapai 80 meter. Sungai Kuning juga disebut sebagai "tempat lahirnya peradaban China", dan menjadi wilayah paling makmur dalam sejarah awal China.

5. Sungai Amazon, 91 meter
Sungai Amazon adalah sungai di Amerika Selatan yang merupakan sungai terpanjang kedua di dunia – Sungai Nil di Afrika merupakan yang terpanjang. Pada umumnya Sungai Amazon dianggap sebagai sungai terpanjang kedua di dunia, dengan debit rata-rata sekitar 209.000 kubik meter per detik. Sungai yang memiliki kedalaman hingga 91 meter, memiliki cekungan drainase terbesar di dunia dan menyumbang sekitar seperlima dari total aliran sungai dunia.

6. Sungai Mekong, 100 meter
Sungai Mekong memiliki kedalaman hingga 100 meter. Mekong sendiri merupakan sebuah sungai lintas-batas di Asia Tenggara. Sungai Mekong ini merupakan sungai terpanjang ke-12 di dunia dan terpanjang ke-7 di Asia. Panjang Mekong diperkirakan mencapai 4.350 kilometer. Dari Plato Tibet, sungai ini mengalir melalui Provinsi Yunnan (China), Burma (Myanmar), Laos, Thailand, Kamboja dan Vietnam.

7. Sungai Zambezi, 116 meter
Sungai Zambezi adalah sungai terpanjang ke-4 di dunia yang terletak di Afrika. Sungai ini juga adalah sungai yang memiliki aliran terbesar yang mengalir ke Samudra Hindia dari benua Afrika. Sungai Zambezi memiliki kedalaman mencapai 116 meter. Zambezi merupakan sungai terpanjang keempat di Afrika dan mengalir sepanjang 2.574 kilometer. Sungai ini juga menjadi rumah bagi beragam hewan. Di sini, Anda juga dapat menemukan banyak hewan besar, seperti kerbau, zebra, jerapah, dan gajah.

8. Sungai Danube, 178 meter
Sungai Donau, adalah sungai terpanjang di Eropa setelah Sungai Volga. Nama "Donau" dipinjam dari bahasa Belanda dan bahasa Jerman. Sungai ini adalah satu-satunya sungai Eropa yang besar yang mengalir dari barat ke timur. Danube merupakan sungai terpanjang kedua di Eropa setelah Volga. Sungai ini memiliki panjang mencapai 2.860 kilometer dan kedalaman hingga 178 meter. Sungai ini mengalir melewati perbatasan sepuluh negara: Rumania 29,0 persen dari luas DAS, Hungaria 11,6 persen, Serbia 10,2 persen, Austria 10,0 persen, Jerman 7,0 persen, Bulgaria 5,9 persen, Slowakia 5,9 persen, Kroasia 4,4 persen, Ukraina 3,8 persen, dan Moldova 1,6 persen.

9. Sungai Yangtze, 200 meter
Sungai Panjang atau Sungai Yangtze adalah sungai terpanjang di Cina dan di Asia. Di dunia, Sungai Panjang adalah sungai ketiga terpanjang. Sungai ini sangat dijaga kelestariannya karena diperdayakan sebagai pusat pariwisata, perlindungan banjir, pembangkit listrik dan konservasi air di China. Sungai Yangtze sendiri memiliki kedalaman mencapai 200 meter dan panjang hingga 6.418 kilometer.

10. Sungai Kongo, 250 meter
Sungai Kongo adalah sungai terbesar di Afrika Tengah bagian Barat. Sungai ini memiliki panjang sekitar 4.700 km, menjadikannya sebagai sungai terbesar kedua di Afrika. Sungai ini mengalir melalui hutan hujan terbesar di dunia. Sungai Kongo merupakan sungai terpanjang kedelapan di dunia. Sungai ini dimulai di persimpangan Sungai Lualaba dan Luvua, di Pegunungan Altai, dan mengalir ke barat daya Samudera Atlantik. Anak sungai utama meliputi Aruwimi, Kasai, dan Lomami. Sungai Kongo dinobatkan sebagai sungai terdalam di dunia, karena memiliki kedalaman mencapai 250 meter.
http://www.palingwoow.com/2014/09/10-sungai-terdalam-di-seluruh-dunia.html#.VCFfr_mSzfI

0 komentar:

Posting Komentar