Sabtu, 18 Oktober 2014

7 Penjara Terseram dan Terangker di Dunia

Sao Paulo - Banyak bangunan penjara yang akhirnya menjadi objek wisata sejarah, bahkan sampai terkenal. Namun biasanya, penjara selalu punya kisah menyeramkan untuk didengar wisatawan. Inilah tujuh penjara dengan kisah terseram di dunia!

7 Penjara Terseram dan Terangker di Dunia

Apa yang terlintas Anda mendengar nama penjara? Gelap, penuh sesak para penjahat, dan juga pastinya penyiksaan yang kejam. Traveler yang punya nyali, mungkin bisa datang ke beberapa penjara ini dan melihat bangunannya yang bikin bulu kuduk merinding, sekaligus mengetahui kisahnya lebih dekat. Dipantau dari situs List 25, Kamis (9/1/2014) berikut 7 penjara dengan kisah paling seram di dunia:

1. Penjara Alcatraz, AS
Penjara Alcatraz, AS


Di San Fransisco terdapat sebuah pulau yang berada di tengah teluk bernama The Rock yang memiliki penjara Alcatraz. Penjara ini disebut-sebut sebagai penjara dengan kisah paling seram di Negeri Paman Sam tersebut. Dibangun tahun 1920, penjara ini menutup kehidupan narapidana dengan dunia luar dan bagaikan neraka! Pada tahun 1930-1960, Alcatraz menjadi penjara dengan tingkat keamanan tertinggi dan diisi dengan napi kelas kakap. Beberapa penjahat terkenal yang pernah mendekam di sana seperti Al Capone yang merupakan mafia sadis! Mereka pun tak bisa kabur dari sana, sebab arus di sekitar teluk tersebut sangat kuat. Tak sedikit juga, para napi di sana menderita gangguan jiwa.

Akhirnya penjara ini ditutup tahun 1963 dan kini menjadi destinasi wisata sejarah. Jika ingin berkunjung ke sana, Anda bisa menggunakan kapal ferry dari dermaga Pier 33. Kapal ini berangkat dari dekat Fisherman's Wharf di San Francisco setiap 30 menit sekali.

2. Penjara Gitarama, Rwanda

Salah satu penjara yang punya kisah paling seram di Afrika adalah Penjara Gitarama di Rwanda. Masyarakat Rwanda sendiri menyebut penjara ini sebagai 'neraka di muka bumi'. Pada tahun 1990, kapasitas di penjara ini mencapai 7.000 napi padahal bangunannya hanya mampu menampung 400 napi saja. Penyiksaan di sini terkenal sadis!

Ruangan satu meter persegi di sana diisi oleh empat napi, mereka pun harus makan dan tidur bersama di tempat sesempit itu. Makanan yang tak layak dan terik matahari harus para napi alami di sana. Bahkan konon, para napi memakan daging temannya yang mati untuk bertahan hidup.

3. Penjara Diyarbakir, Turki

Penjara Diyarbakir di Diyarbakir, Turki sudah beroperasi sejak tahun 1980. Penjara ini mendapat kecaman dari organisasi HAM Eropa di tahun 2010 karena banyaknya kasus penyiksaan dan kekerasan.


Tercatat, 299 napi tewas disiksa, 16 napi ditembak mati saat ingin melarikan diri, dan 43 napi bunuh diri. Para napi pun disiksa baik fisik ataupun psikis. Bahkan, 14 napi tewas akibat mogok makan di sana atas tindakan protes penyiksaan di dalam penjara. Kasus pelecehan terhadap anak-anak menambah daftar kekejaman dan kisah seram Penjara Diyarbakir.

4. Penjara La Sabaneta, Venezuela

Penjara La Sabaneta dikenal sebagai penjara paling mengerikan di Venezuela. Penjara yang kapasitasnya hanya mampu menampung 15 ribu napi ini, nyatanya diisi oleh 25 ribu napi. Para napi pun harus terpaksa tidur di lantai dan juga saluran pipa!


Fasilitas di Penjara La Sabaneta memang jauh dari kata layak. Selain itu, di dalam penjara ini juga sering terjadi perkelahian antar napi yang merenggut jiwa. Tahun 1994, 108 napi tewas akibat baku tembak. Mirisnya, tahun 1995 kembali terjadi perkelahian antar napi dan menewaskan 196 tahanan. Penjara ini memang terkenal brutal!

5. Penjara La Sante, Prancis

Siapa bilang Eropa tak punya penjara dengan kisah menyeramkan? Datanglah ke Penjara La Sante di Paris, Prancis. Penjara ini sama sekali tidak memikirkan kesehatan para tahanannya. Para tahanan di sana harus tidur penuh sesak bersama tikus. Kondisi selnya pun sungguh tak layak. Beberapa sel tak memiliki ventilasi yang layak dan tidak terkena sinar matahari.


Oleh sebab itu, banyak kasus tahanan yang bunuh diri akibat tak tahan oleh kondisi di dalam penjara. Tahun 2002, tercatat ada 122 tahanan yang bunuh diri. Di tahun 2003, 73 napi juga bunuh diri dengan cara meminum caran pembersih lantai. Betapa mengerikannya kondisi di dalam penjara, sehingga membuat napi di sana lebih baik menyudahi hidupnya.

6. Penjara Bang Kwang, Thailand

Bangkok punya penjara yang dicap sadis, yaitu Penjara Bang Kwang. Para napi yang ditempatkan di sini harus menggunakan pemberat besi pada tiga bulan pertama mereka. Artinya, mereka tidak bebas bergerak!

Bagi para napi yang sakit, mereka hanya bisa tidur meringkuk di dalam sel menunggu petugas medis yang datang. Itu pun, kalau petugasnya memang datang. Banyak turis yang berbuat kriminal di Bangkok, ikut dipenjara di sini.


Sementara, penjara lain di Mahachai Road, Bangkok dijadikan Correction Museum. Napinya dipindah ke Bang Kwang yang membuatnya makin penuh orang. Tapi di Correction Museum, wisatawan bisa dapat gambaran sesadis apa Penjara Bang Kwang.

7. Penjara Carandiru, Brazil

Penjara Carandiri di Sao Paulo, Brazil ini pernah menggemparkan dunia di tahun 1992. Di sana terjadi kerusuhan antar geng di dalam penjara dan juga melibatkan kepolisian. Total, 111 narapirana tewas dan 87 lainnya luka-luka. Pada April 2013 lalu, Pengadilan Sao Paulo menjatuhkan hukuman pada 23 anggota polisi yang dianggap bersalah.


Dibangun tahun 1920, sudah ada kasus 1.300 kematian di sana. Diperkirakan, peperangan antar geng menjadi sumber malapetaka dan mampu merenggut banyak korban jiwa. Tahun 2002, pemerintah Brazil pun menutup penjara ini.

Read more: http://www.palingwoow.com/2014/05/7-penjara-terseram-dan-terangker-di.html#ixzz3GZVhqNZS
Under Creative Commons License: Attribution
Follow us: @ayutingtingid on Twitter

1 komentar: