Sabtu, 27 September 2014

Berbagai Manfaat Madu Untuk Pengobatan

Bicara mengenai madu untuk pengobatan memang tidak ada habisnya, manfaat madu buat pengobatan telah dikenal sejak tempo dulu. Mbahnya nenek moyang kita dalam mengobati penyakit juga memanfaat madu sebagai obat yang mujarab dan terbukti nyata. Beribu-ribu penyakit bisa lenyap berkhat khasiat dari madu ini, bahkan Rosululloh sendiri selalu menggunakan madu sebagai obat.


Berbagai Manfaat Madu Untuk Pengobatan


Baik sebelum kita mengetahui Manfaat Madu sebaiknya kita berkenalan dahulu dengan yang namanya MADU. Anda sudah tahu tentang madu ? Madu merupakan cairan berwarna kuning muda kecoklatan, dengan rasa yang amat manis, warna madu juga dipengarui oleh jenis madu itu sendiri, sebab madu terdiri dari banyak jenis tergantung darimana sebuah madu berasal dan berproduksi. Madu merupakan karunia Illahi dari pruduk lebah (Tawon) berbahan nectar bunga dari tumbuhan dan pepohonan.

Jenis madu yang selama ini kita kenal dipasaran cukup banyak diantaranya madu hutan, madu bunga randu, karet, kopi, lenkeng, durian, rambutan, sonokeling, mangga, mahoni, apel, durian, rambutan, jambu mede, dan madu bunga kaliandra ada juga madu super nusantara. Itu merupakan sebagian dari jenis madu yang sementara penulis ketahui dan mungkin masih banyak jenis madu lain, sebab semakin banyak jenis tumbuhan dan pepohonan semakin banyak pula jenis nama madu yang terproduksi, mengingat wilayah nusantara sangat kaya akan jenis tumbuhan dan pepohonan hutan, terbentang dari Sabang hingga Merauke.

Mengapa kita memilih madu sebagai obat ?
Penggunaan madu sebagai obat sudah dikenal sejak jaman Yunani dan Mesir kuno, bahkan dalam dunia medis telah mengakui madu sebagai obat altermatif penyembuh penyakit alami terbaik bagi manusia. Lantas Apa Saja Manfaat Madu bagi Manusia ? Dan Apa saja Kelebihan Madu Sebagai Obat ?

Nah berikut sebagaian manfaat dan kelebihan madu sebagai obat :

1. Madu ternyata bisa membersihkan kotoran pada usus pembuluh darah.
2. Mngkonsumsi madu secara teratur bisa menetralisir kelembaban pada tubuh manusia, begitu juga dengan cara mengoleskan madu pada kulit.

3. Kandungan pada madu terdapat elemen gizi berkualitas sehingga dapat melembutkan sistem alami tubuh.

4. Manfaat madu bisa sebagai pengawet makanan, apabila sebongkah daging segar dimasukan ke dalam madu akan awet selama tiga bulan. Bahkan jika buah-buhanan dimasukan dalam madu akan terawetkan selama enam bulan lamanya.

5. Madu sangat baik untuk ginjal dan kandung kemih.

6. Manfaat madu bisa untuk memanjangkan rambut, melembutkan, juga memperindah bentuk rambut.

7. Bisa mengobati sakit rabies akibat gigitan anjing gila, minum madu dicampur air putih biasa, bermanfaat juga sebagai pengobatan keracunan jamur.

8. Dan masih banyak lagi yang lain.

Mengapa Kita Belum Memanfaatkan Madu Sebagai Obat Alternatif Pilihan ?
Banyak faktor mengapa orang enggan menggunakan madu sebagai obat alternatif pilihan antara lain menyangkut masalah sosial ekonomi juga rendahnya sosialisasi, mengapa demikian ?

- Madu masih tergolong mahal.
Sebenarnya tidak sedikit orang yang ingin mencoba khasiat dan keunggulan madu namun berhubung harga madu masih tergolong cukup mahal maka banyak orang memilih pengobatan lain yang lebih terjangkau dan instan. Penulis sendiri sebagai penjual madu merasakan hal yang demikian.

- Rendahnya sosialisasi pemanfaatan madu sebagai obat alternatif.
Di masyarakat mengenal madu hanya sebatas dari mulut ke mulut, atau mereka mengenal madu berasal dari media seperti majalah, internet dan televisi. Belum ada dari pihak tertentu yang terjun langkung ke masyarakat bersosialisasi pemanfaatan madu sebagai obat, maka tidak jarang yang salah kaprah menafsirkan madu terutama menyangkut masalah keaslian dari produk madu.

- Masih percaya obat instan dipasaran.
Obat instan yang kami maksud disini adalah obat dari bahan baku kimia, masyarakat cederung percaya kehebatan obat kimia selain cepat menyembuhkan juga relatif terjangkau dengan keungan mereka. Masalah keamanan mereka masa bodoh, tanpa peduli dengan efek jangka panjang kedepan.

Demikian sedikit gambaran mengapa pengobatan dengan madu sebagai obat alternatif belum memasyarakat hingga saat ini. Manfaaat dan Khasiat Madu Untuk Obat dan Kesehatan lebih detail insyaAlloh akan kami haturkan pada artikel lain, pada pertemuan dan tema yang berbeda, semoga bermanfaat dan terima kasih. Demikian artikel Berbagai Manfaat Madu Untuk Pengobatan.
http://www.palingwoow.com/2013/04/berbagai-manfaat-madu-untuk-pengobatan.html

0 komentar:

Posting Komentar