Bagi
pemula yang baru belajar melodi gitar bisanya bingung ketika harus
mencari harmoni dari nada dasar tertentu harus memulai dari mana.
Sebagian ada yang menggunakan feelingnya, sebagian meraba-raba asal
sesuai atau tidak fals dengan chord yang sedang dimainkan. Oleh karena
itu, ada baiknya untuk
menyimak yang satu ini, sebab ini adalah bagian dapat membantu Anda
untuk
belajar melodi sekaligus menemukan harmoni dari chord tertentu. Setelah Anda belajar chord-chord dasar biasanya tahapan
berikutnya adalah menciptakan harmoni melodi dari setiap chord yang ada. Oleh
karena itu, belajar modes memiliki peranan yang penting untuk membawa Anda ke
level yang lebih lanjut. Berikut ini saya akan menjelaskan dengan bahasa saya, mudah-mudahan bisa dipahami.
Modes juga sangat membantu kita dalam melatih improvisasi dan
mengembangkan permainan kita. Walaupun ini level dasar tetapi jangan dianggap
remeh karena dapat membantu kita memahami pola-pola melodi tertentu. Jadi tetap
ikuti, walaupun ulasan seperti ini sudah banyak di bertebaran di internet
tetapi tidak salah untuk di jelaskan kembali.
Major Modes atau mungkin kalau mau menggunakan bahasa
sederhananya solmisasi yang terdiri dari 7 nada yang kemudian masing-masing
nada bisa dikembangkan menjadi sebuah mode lain. Pada kesempatan ini saya menggunakan nada dasar C agar mudah untuk dipahami.
Keluarga Major Modes
Ada 7 nada dalam keluarga major modes, masing-masing nada dapat dijelaskan seperti di bawah ini :
Ionian (I)
Ionian adalah nada pertama dari major
modes atau sering juga di sebut tangga nada mayor.
Misalnya kita bermain dengan nada
dasar C, maka urutannya adalah C-D-E-F-G-A-B. Lalu yang menjadi
pertanyaan kapan tangga nada ini di gunakan? Anda dapat menggunakannya ketika
anda bermain di Chord progresi C yang bernuansa major seperti C dan G.
Dorian (II)
Dorian adalah nada kedua dari major
modes. Maka bila tadi kita menggunakan nada dasar C maka bentuk Doriannya di
mulai dari nada kedua yaitu D, sehingga urutannya menjadi D-E-F-G-A-B-C. Lalu
kapan ini dipakai ? Anda bisa bersolo dengan urutan ini ketika anda memainkan Chord
urutan kedua dari nada dasar C, yaitu Dm.
Phrygian (III)
Phrygian adalah nada ketiga dalam
keluarga major modes, jadi bila tadi kita menggunakan nada dasar C maka bentuk
Phrygiannya dimulai dari nada ketiga yaitu E. Urutannya menjadi E-F-G-A-B-C-D.
Bila kita melihat dari progresi chord C maka E termasuk chord minor maka
phrygian dapat digunakan pada juga di Em. Jadi ketika Anda memainkan Chord Em
dengan nada dasar C, cobalah untuk memainkan Phrygian.
Lydian (IV)
Lydian adalah bentuk keempat dalam
major modes atau dimulai dari nada F bila kita menggunakan nada dasar C.
Urutannya menjadi F-G-A-B-C-D-E. Lydian digunakan ketika Anda memainkan Chord F.
Mixolydian (V)
Mixolydian adalah bentuk kelima dalam
major modes atau dimulai dari nada G bila menggunakan nada dasar C. Urutannya
menjadi G-A-B-C-D-E-F. Jadi Anda memainkan Mixolydian ketika anda memainkan chord
G.
Aeolian (Natural Minor) (VI)
Aeolian adalah bentuk keenam dalam
major modes atau sering kali disebut tangga nada minor. Ketika kita menggunakan
C sebagai nada dasar maka nada keenamnya adalah A sehingga urutannya menjadi
A-B-C-D-E-F-G. dalam chord nada A pada progresi C mengandung nuansa minor
sehingga Anda memainkan Chord Am. Jadi ketika memainkan chord Am bermainlah
dengan Aeolian.
Locrian (VII)
Locrian adalah bentuk ketujuh dalam
major modes. Bila kita menggunakan nada dasar C maka nada ketujuhnya adalah B
jadi sehingga urutannya B-C-D-E-F-G-A.
Bila di ringkas sebagai
berikut
I=Ionian= C-D-E-F-G-A-B-C
II=Dorian= D-E-F-G-A-B-C-D
III=Phrygian=E-F-G-A-B-C-D-E
IV=Lydian=F-G-A-B-C-D-E-F
V=Mixolydian=G-A-B-C-D-E-F-G
VI=Aeolian=A-B-C-D-E-F-G-A
VII=Locrian=B-C-D-E-F-G-A-B
Bila kita lihat gambar
di atas, penyebaran nada-nadanya ada di sepanjang fret, jadi kita bebas
menggunakan nada yang ada dengan catatan tetap berpatokan pada aturan yang ada.
Catatan :
1. Ketika anda bermain di chord G dengan nada dasar C Anda bebas memainkan modes.
2. Memainkan modes diatas per nada bukan per chord, sebab seringkali ada yang keliru dengan penafsiran seperti ini.
3. Jika sudah terbiasa, cobalah dengan nada dasar yang berbeda.
4. Usahakan setiap latihan dengan menggunakan metronome.
Anda juga dapat melihat contoh cara penerapan major modes Sekian ulasan tentang major modes kali ini. Terima kasih sudah mampir dan membaca artikel ini, semoga bermanfaat.
http://slashkygitaris.blogspot.com/2013/06/ingin-bisa-melodi-harus-belajar-major-modes-dulu.html
Catatan :
1. Ketika anda bermain di chord G dengan nada dasar C Anda bebas memainkan modes.
2. Memainkan modes diatas per nada bukan per chord, sebab seringkali ada yang keliru dengan penafsiran seperti ini.
3. Jika sudah terbiasa, cobalah dengan nada dasar yang berbeda.
4. Usahakan setiap latihan dengan menggunakan metronome.
Anda juga dapat melihat contoh cara penerapan major modes Sekian ulasan tentang major modes kali ini. Terima kasih sudah mampir dan membaca artikel ini, semoga bermanfaat.
http://slashkygitaris.blogspot.com/2013/06/ingin-bisa-melodi-harus-belajar-major-modes-dulu.html
0 komentar:
Posting Komentar