Minggu, 16 November 2014

Ini 5 Hal Unik dan Aneh Yang Dimiliki Oleh Monster-Monster Bawah Air

Ini 5 Hal Unik dan Aneh Yang Dimiliki Oleh Monster-Monster Bawah Air
Paling Woow — Tak dapat dipungkiri jika perairan merupakan dunia yang masih menyimpan banyak misteri bagi manusia. Padahal, 70 persen dari keseluruhan permukaan bumi terisi sepenuhnya oleh air. Hal ini berarti ada sekitar 1,3 miliar km3 air yang memenuhi planet ini di laut, sungai, dan samudera. Dengan area yang luas ini pun kemudian juga banyak sekali makhluk misterius yang hidup dengan cara aneh atau tak lazim.

Maka, oleh karenanya kemudian banyak penelitian dilakukan manusia untuk mengeksplorasi dalamnya lautan ini. Dari temuan ini pun kemudian diungkap banyak sekali hal-hal menakjubkan mengenai dunia bawah air. Kira-kira, hal menakjubkan apa saja yang sudah bisa diangkat dari dalamnya lautan? Simak ulasannya seperti yang dilansir listverse.com berikut ini.

1. Swellshark mampu besarkan badan secara instan
Swellshark mampu besarkan badan secara instan
Swellshark © wikipedia.org
Swellshark adalah hiu berukuran kecil, 1 meter, yang hidup dengan cara memakan hewan kecil dan tak berbahaya seperti kepiting dan ikan sotong. Berbeda dengan saudaranya, mamalia laut ini tak berani unjuk gigi di perairan dan memilih untuk sembunyi-sembunyi demi keselamatan hidupnya.

Hal ini dilakukan karena ukuran mereka yang memang kecil dan tak mungkin bisa melawan hewan yang lebih besar lagi. Namun, jika terancam, mereka ternyata juga memiliki mekanisme keamanan diri yang lebih ekstrem.

Sama seperti namanya, mamalia ini mampu membengkakkan tubuhnya hingga dua kali ukuran normal untuk menakuti musuh. Hal ini dilakukan dengan cara menyerap air berukuran banyak dengan cepat lewat pusarnya.

2. Kulit Arapaima Gigas mampu hadapi tajamnya gigi piranha
Kulit Arapaima Gigas mampu hadapi tajamnya gigi piranha
Arapaima Gigas merupakan ikan raksasa yang hingga kini masih hidup di hutan Amazon. Namun, mereka bukanlah satu-satunya ikan predator di sana, ada ikan Piranha yang juga sering berkelahi dengannya untuk memperebutkan mangsa dan teritori.

Menghadapi piranha yang suka bergerombol, Arapaima diberkahi dengan ukurannya yang besar, hingga 130 kg, dan sisik yang tebal. Tercatat, sisik ini sisi luarnya terbuat dari cangkang mineral yang keras sementara bagian dalamnya terbuat dari kolagen lembut.

Ketika piranha menggigit sisiknya, sisik ini akan menyerap serangan tersebut sehingga tidak merusak keseluruhan sisik tersebut.

3. Lumba-lumba bisa melihat tembus pandang
Lumba-lumba bisa melihat tembus pandang
Lumba-lumba diketahui berkomunikasi dengan sonar. Ternyata, dengan hal ini juga mereka bisa melihat sesuatu meskipun matanya terhalang.

Hal ini dilakukan dengan mengirimkan sonar ke segala arah. Sonar ini kemudian akan memantul ketika mengenai sebuah benda dan kembali ke lumba-lumba tersebut.?

Sonar yang dipancarkannya sendiri juga mampu melewati permukaan lembut seperti kulit dan daging. Dengan begitu, mereka pun tau apa yang ada di balik sesuatu tanpa harus melihatnya lebih dulu.

4. Gurita raksasa makan lewat otaknya
Gurita raksasa makan lewat otaknya
Gurita raksasa atau yang dikenal juga dengan nama Mesonychoteuthis hamiltoni sebelumnya hanya dikira sebagai mitos saja sebelum akhirnya ditemukan juga keberadaannya di dasar lautan. Di 2007, para nelayan di Selandia Baru berhasil mengangkat salah satu raksasa terbesar yang hidup di bumi ini dekat Antartika.

Setelah diangkat dan diteliti, ternyata ditemukan fakta bahwa hewan ini memiliki sistem pencernaan yang unik. Gurita ini menggunakan otaknya yang berbentuk donat untuk mencerna tiap makanan yang disantapnya.

Saat makan, gurita ini langsung membawa makanannya lewat esofagus menuju otak. Dari otak ini kemudian ditarik nutrisi-nutrisi yang dibutuhkan hewan tersebut dan diserapnya sebelum lewat perut.

5. Lele memiliki 100 ribu pengecap rasa
Lele memiliki 100 ribu pengecap rasa | © www.palinguniks.com
Manusia normal memiliki 2-8 ribu pengecap rasa pada lidahnya. Namun, angka ini rupanya masih kalah dengan lele yang ternyata memiliki 100 ribu pengecap rasa.

Indera ini pada manusia hanya bisa ditemukan pada lidah saja, namun pada lele hal ini ditemukan di seluruh tubuhnya. Dengan ukurannya yang bisa mencapai beberapa meter, maka jumlah indera ini pun bisa bertambah hingga 175 ribu.

Indera ini sendiri digunakan lele untuk berburu di alam liar. Dengan begitu, meskipun habitat mereka di lumpur yang pekat, mangsa pun masih bisa ditemukan dengan mudah.

Jadi itulah lima hal unik dan aneh yang dimiliki oleh monster-monster bawah air. Semoga artikel singkat ini dapat memberikan manfaat bagi yang membacanya.


Read more: http://www.palingwoow.com/2013/11/ini-5-hal-unik-dan-aneh-yang-dimiliki.html#ixzz3JDah6DK2
Under Creative Commons License: Attribution
Follow us: @ayutingtingid on Twitter

0 komentar:

Posting Komentar