Sabtu, 18 Oktober 2014

10 Tradisi Unik Menyambut Tahun Baru dari Berbagai Penjuru Dunia

10 Tradisi Unik Menyambut Tahun Baru dari Berbagai Penjuru Dunia

Paling Woow — Tepat pada pukul 00:00 kita menyambut tahun baru 2014. Apa saja yang sudah Anda lakukan ketika menyambutnya? Resolusi hidup yang baru? Pesta perayaan yang meriah bersama teman-teman dan kerabat dekat? 
10 Tradisi Unik Menyambut Tahun Baru dari Berbagai Penjuru Dunia
mycupu.blogspot.com
Atau Anda malah merencanakan untuk berjalan-jalan ke luar negeri dan menyambut hari pertama tahun 2014 di sana? Berikut ini ada beberapa tradisi perayaan tahun baru yang unik dari negara-negara di dunia, yang bisa Anda jadikan inspirasi dalam menyambut tahun kuda 2014.

1. "Minum Harapan", Rusia
Wine merupakan minuman yang wajib ada di semua rumah di Rusia karena fungsinya yang dapat menghangatkan badan di tengah cuaca dingin yang ekstrem di sana. Tradisi tahun baru yang ada di sana pun juga melibatkan minuman ini. Jika Anda menginginkan harapan-harapan Anda terkabul di tahun baru, Anda harus menuliskannya di sebuah kertas, kemudian membakarnya dan memasukkannya ke dalam segelas wine. Anda harus meminum habis wine abu tadi sebelum jam berubah menjadi 12.01 waktu setempat.

2. Menyapu rumah sebelum malam tiba, Chili
Tepat saat tengah malam, orang-orang di Chili dianjurkan untuk makan satu sendok makan penuh biji-bijian yang bernama lentils agar bisa mendapatkan banyak pekerjaan dan uang di tahun baru nantinya. Mereka juga harus menyapu bersih seisi rumah sebelum hari gelap pada tanggal 31 Desember untuk mengusir hawa jahat.

3. Pukul panci, Selandia Baru
Untuk mendatangkan kemakmuran dan mengusir roh jahat yang akan mengganggu di tahun baru, masyarakat Selandia Baru harus memukul-mukul panci dengan kencang tepat saat lonceng jam berdentang. Hal ini dilakukan tanpa irama, namun harus penuh dengan semangat.

4. Menonton "Hootenanny", Inggris
Hootenanny adalah sebuah pertunjukan musikal yang disiarkan di televisi Inggris di saluran BBC Two. Sebetulnya acara ini dianggap payah dan membosankan oleh penduduk Inggris. Namun, karena sudah tradisi, akhirnya mereka pun tetap menonton acara tersebut hingga selesai setiap tahunnya.

5. Makan anggur hijau, Spanyol
Jika Anda mendengar lonceng bel tahun baru di Spanyol, maka Anda harus segera melahap buah anggur sejumlah dengung lonceng yang ada. Hal ini dilakukan untuk mendatangkan kemakmuran. Anggur yang dimakan juga harus anggur putih karena melambangkan kesejahteraan.

6. Baju putih, Brasil
Berbeda dengan Argentina, penduduk di Brasil percaya bahwa dengan memakai baju putih saat merayakan tahun baru akan dapat mengusir roh jahat yang berniat mengganggu selama satu tahun ke depan. Keesokan harinya, masing-masing orang harus melompati satu arus ombak tiap hari selama 1 minggu pertama di bulan Januari baru untuk mengusir nasib jelek. Untuk semakin menguatkan doa ini, masyarakat biasanya juga melarung rangkaian bunga ke laut untuk Dewi Lemanja, yaitu dewi air yang penuh cinta.

7. Tamu pertama, Skotlandia
Masyarakat Skotlandia meyakini bahwa dengan bertamu ke rumah kerabat atau teman, maka mereka mendatangkan rejeki bagi keluarga tersebut. Maka, tepat setelah lonceng pukul 12 malam berbunyi, orang-orang Skotlandia pun berlomba mendatangi dan didatangi teman-teman atau kerabat untuk pertama kalinya agar mendapatkan berkah berlimpah di tahun depan. Biasanya mereka akan saling memberi kue, wine, ataupun benda yang melambangkan kebahagiaan lainnya.

8. Pakaian dalam pink, Argentina
Pada malam perayaan tahun baru di Argentina, biasanya para muda-mudi yang masih melajang sengaja memakai pakaian dalam berwarna pink untuk menarik perhatian dewi cinta. Hal ini mereka lakukan dengan harapan bisa mendapatkan jodoh di tahun baru.

Namun selain itu, tepat pada jam 00.00 waktu setempat, para penduduk yang tumpah ruah di jalanan harus bersama-sama melangkahkan kaki kanan untuk memulai tahun baru yang penuh berkah.

9. Koper kosong, Kolumbia
Masyarakat Kolumbia memercayai tradisi 'koper kosong bawa berkah'. Jadi, tepat pada pukul 00.00 waktu setempat, orang-orang di Kolumbia akan berkeliling kompleks dengan menarik atau membawa beberapa koper kosong untuk mendapatkan tahun yang penuh rezeki, sehingga mereka bisa berjalan-jalan ke manapun mereka mau.

10. Buah-buahan berbentuk bulat, Filipina
Di Filipina, saat Tahun Baru setiap rumah pasti menyediakan buah-buahan yang berbentuk bulat di mejanya untuk makan malam. Bentuk bulat ini merupakan representasi kesejahteraan yang diharapkan datang di tahun yang baru. 

Seperti halnya di Spanyol, mereka juga memakan 12 buah anggur saat pergantian tahun. Bentuk bulat ini juga terlihat dalam pakaian mereka, beberapa penduduk Filipina kerap mengenakan pakaian dengan motif polkadot saat malam tahun baru. 


Read more: http://www.palingwoow.com/2014/01/10-tradisi-unik-menyambut-tahun-baru.html#ixzz3GZ3Eq8XH
Under Creative Commons License: Attribution
Follow us: @ayutingtingid on Twitter

0 komentar:

Posting Komentar