Jumat, 24 Oktober 2014

5 Risiko Ketika Menjalani Cinta Segitiga

             

Rasa suka memang tidak bisa ditebak. Meskipun sudah punya pasangan, tak menutup kemungkinan Anda bisa jatuh cinta lagi dengan pria lain. Tak cuma sosok pria baru yang bisa mengganggu hubungan, namun juga si mantan dari masa lalu. Label cinta segitiga juga berlaku ketika Anda saat ini sedang dekat dengan dua pria secara bersamaan meski statusnya belum jelas.

Masalahnya, sosok orang ketiga biasanya terlihat lebih baik daripada pasangan saat ini. Sesuai dengan ungkapan, 'Rumput tetangga terlihat lebih hijau' Anda pun pasti merasa pusing memilih mana yang terbaik.

Jika dilihat, sebenarnya ada keuntungan dari menjalani cinta segitiga seperti mendapat perhatian yang lebih banyak dan tak pernah kesepian. Namun kekurangannya juga cukup banyak, apa saja?

1. Banyak Dukungan Emosional Bisa Membingungkan
Menjalani cinta segitiga tetap saja hal yang sulit walau begitu banyak perhatian yang Anda dapat. Apalagi jika kedua pria ingin bertemu di waktu bersamaan. Tak hanya itu, kedua pria yang selalu bersikap baik pada Anda juga akan membingungkan untuk memilih salah satu nantinya.

2. Mengenal Lebih Jauh Semakin Membingungkan
Ketika Anda sudah sangat mengenal masing-masing kehidupan pria yang dekat dengan Anda, semakin sulit pula menentukan pilihan. Pertimbangan seperti, keluarganya sangat baik, atau ia lebih butuh dukungan dibanding pria satunya akan semakin memusingkan Anda.

3. Sering Berbohong
Anda pasti tidak ingin menyakiti perasaan orang-orang yang Anda sayangi dan memilih diam atau berbohong. Walaupun salah satu pria atau keduanya tahu Anda sedang mengalami cinta segitiga. Namun Anda harus lebih menjaga perasaan keduanya dan tidak menceritakan seluruh kejadian yang dialami saat sedang bersama yang lainnya.

4. Pembicaraan yang Sulit
Ketika Anda sudah mengenal kedua pria, dan cukup yakin untuk memilih salah satunya. Akan sangat sulit memberitahu pria lainnya bahwa Anda tidak merasakan hal yang sama dengannya. Apalagi jika pria itu sudah banyak berkorban untuk Anda.
5. Merusak Persahabatan
Anda harus menyadari, ketika sudah menentukan pilihan atau ketahuan menjalin cinta dengan dua pria, salah satu atau bahkan keduanya akan meninggalkan Anda. Apalagi jika salah satu pria tidak bisa menerima pilihan yang dibuat, imej Anda pun akan buruk dihadapan teman-temannya. Apakah Anda siap mengambil risiko itu?

Menurut psikolog klinis dewasa, Liza Marielly Djaprie, M.Si,Psi,SC, saat Anda bimbang memilih antara dua pria saat ini, sebaiknya minta waktu untuk berpikir. Introspeksi diri serta kembali yakinkan perasaan lebih bisa bertoleransi dengan yang mana.

"Setiap orang punya kelebihan dan kekurangan tapi kalau saya, saya mau bersama dengan seseorang meskipun ada kekurangannya juga tapi paling nggak klop sama saya. Kekurangannya nggak jauh-jauh banget nggak jomplang sama saya," jelas Liza kepada kami di Pondok Indah Mall, Jakarta Selatan, beberapa waktu lalu.

Menurut psikolog 36 tahun itu, pasangan yang saling melengkapi adalah pilihan terbaik. Pasangan yang tepat bisa membuat Anda berkembang baik dalam karier, kesehatan, atau kepribadian. Jadi saat Anda bimbang menentukan, pilihlah yang bisa membuat diri sendiri semakin berkembang.

Tidak hanya Anda, begitu pula dengan pasangan. Buat apa Anda menjalin kasih jika salah satu merasa menderita atau tertekan. Cari pasangan yang benar-benar bisa melengkapi Anda bukan menambah beban.

"Sebenarnya cinta itu suatu hal yang bagus kan? Kalau kita lagi dalam hubungan dengan seseorang terus kitanya tersiksa. Saya benar-benar dalam hubungan cinta kalau saya bisa berkembang lebih baik. Dia pun bisa berkembang lebih baik," tutur psikolog yang mengambil gelar masternya di Universitas Indonesia itu.

SUMBER:    http://bit.ly/1r0I72o

0 komentar:

Posting Komentar